web analytics

Membuat Kelas Online (E-Learning) dengan Edmodo

Edmodo merupakan CMS pembelajaran berbasis online yang biasanya digunakan untuk melakukan interaksi belajar mengajar antara guru dengan murid sekaligus orang tua. Edmodo pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2008 oleh Nic Borg dan Jeff O’hara dan Edmodo sendiri bisa dibilang merupakan program e-learning yang menerapkan sistem pembelajaran yang mudah, efisien sekaligus lebih menyenangkan.

Membuat Pembelajaran Online (E-Learning) dengan Edmodo (PEDOMAN UNTUK GURU)

A. Pendaftaran Akun Guru Hingga Kustomisasi kelas
  1. Buat akun Edmodo via website edmodo.com lalu pilih memulai sebagai “Guru/Teacher”atau bisa download aplikasi Edmodo via Playstore(Android) dan Apps Store (IOS)

  2. Setelah itu akan muncul formulir pendafaran, silahkan input “Alamat Email” yang kamu punya dan “Password” sesuai keinginan. Pastikan data dalam formulir sudah sesuai yang kamu inginkan,setelah itu silahkan klik Buat akun Anda/ Create New Account. Sebetulnya ada cara lain untuk mendaftarkan Edmodo yaitu dengan mengaitkan/menautkan Google account / Microsoft 365 Account.

  3. Silahkan Isi Nama Depan dan Nama Belakang sesuai kolom,setelah itu klik next


  4. Lakukan pengaturan pada Set Up Class (ini proses pembuatan group kelas e-learning yang nanti tujuannya untuk menampung para pelajar dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi harian, materi, Quiz, dan Tugas

  5. Saat memilih/ klik “Set Up a Class” yang perlu diisi adalah
    Kolom 1 (Nama kelas / Nama Materi Pelajaran)
    Kolom 2 (Kategori Pelajaran) *
    Kolom 3 (Sub Kategori Pelajaran) *
    Kolom 4 (Tingkat Pendidikan) *
    Catatan:
    *silahkan sesuaikan sesuai kebutuhan
  6. Kustomisasi warna tab kelas anda,silahkan sesuaikan dengan keinginan.
  7.  Good…Pembuatan kelas telah berhasil

B. Menambahkan peserta didik kedalam kelas online di Edmodo.

     Pertama tama yang harus dilakukan untuk menambahkan peserta untuk pengaturan di awal mula yaitu dengan klik “Set Up a Class”,

  1. Menambahkan Peserta didik dalam dengan membagikan kode kelas yang tertera dibawah judul kelas Contoh mfbk8q.

    Kode tersebut diinput oleh peserta didik di akun student-nya dengan memilih join class

  2.  Bisa juga mengundang pelajar/mahasiswa untuk join ke kelas dengan menggunakan email, silahkan minta alamat email kepada peserta didik agar guru dapat input kedalam kelas online seperti gambar dibawah ini,setelah itu klik hingga warna biru dan sent.
C. Mengirim berita atau postingan ke semua peserta didik yang berada dalam kelas

Menambahkan postingan/berita adalah bentuk interaksi antara Guru dengan Peserta didik, untuk melakukan pengiriman berita. Silahkan isi kolom pesan sesuai keinginan, jika sudah klik tombol post maka berita akan terkirim ke dalam group/kelas.

Berikut penjelasan tools yang ada didalam postingan.

  1. Add from Library: fungsinya seperti perpustakaan tetapi sebagai penyimpanan materi/file digital,dengan tool ini kita bisa menautkan file yang ada diperpustakaan ke postingan.

  2. Attach Files: memiliki fungsi guru dapat mengupload materi dan tugas yang akan diberikan ke peserta didik

  3. Format Text with Markdown: berisi cara merubah format bentuk tulisan seperti menebalkan tulisan, menggaris bawah, memiringkan tulisan dll (cukup klik format text with markdown maka Edmodo akan memberikan saran cara melakukan penulisan tersebut).

  4. Schedule Your Post: Sebagai guru, beberapa hal akan merasa lebih baik jika dapat merencanakan materi dan tugas setiap minggunya terlebih dahulu dan dengan kemampuan ini anda dapat menjadwalkan postingan ada sesuai waktu yang anda mau.

  5. Create a Poll: membuat daftar polling pada postingan

  6. Welness Check: polling mengetahui kesehatan peserta didik

Demikian penjelasan dasar Edmodo untuk guru,diartikel selanjutnya akan menjelaskan fungsi gradebook pada Edmodo. Sampai ketemu kembali dilain waktu.

Author: Edward Adiputra

website ini dibuat sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan antara pengajar dengan mahasiwa

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp us