web analytics

Tutorial Drive Test dan Walk Test (Part 2)

Drive Test dan Walk Test

Drive Test dan Walk Test

Drive test merupakan salah satu bagian pekerjaan dalam optimasi jaringan radio. Tujuan drive test adalah mengumpulkan informasi jaringan secara real di lapangan. Informasi yang dikumpulkan merupakan kondisi aktual Radio Frequency (RF) di suatu Base Transceiver Station (BTS) maupun dalam lingkup base station sub-system (BSS) yang dilakukan dengan mobil sehingga pengukuran dilakukan bergerak. Perjalananpun dilengkapi dengan peta digital, GPS, handset dan software drive test, seperti Agilent, Nemo (Nokia), TEMS (Ericsson), dan Rohde & Schwarz.

Download PPT disini

Macam – Macam Pengukuran Drive Test

pengukuran drive test dibagi menjadi mode pengukuran dan cara pengambilan data. Pada

mode pengukuran drive test ada tiga jenis, yaitu :

1.Drive Test Idle Mode

Yaitu melakukan pengukuran kualitas sinyal yang diterima Mobile Station (MS) dalam keadaan idle (tidak melakukan call (panggilan)/sms). Biasanya mode ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan sinyal pada suatu area yang terindikasi low signal(sinyal lemah)/no service (tanpa sinyal).

2. Drive Test Dedicated Mode

Yaitu melakukan pengukuran kualitas sinyal disertai oleh pendudukan kanal (long Call (panggilan berbeda bts/bsc/node b/bsc) /Short Call (didalam suatu antenna berbeda dalam bts yang sama) ke destination number tertentu) biasanya untuk mengukur dan mengidentifikasi kualitas voice (suara) dan data pada suatu area.

Berikut saya lampirkan lanjutan power point dari jilid yang pertama dari mata kuliah praktik sistem seluler tutorial Drive Test dan Walk Test

Download PPT disini

Author: Edward Adiputra

website ini dibuat sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan antara pengajar dengan mahasiwa

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp us