web analytics

Belajar Pengalamatan IP &Subnetting

PENDAHULUAN

(pengalamatan ip & subnetting, saat anda mengkonfigurasi protokol TCP/IP pada komputer Microsoft Windows, alamat IP, penutup subnet, dan biasanya default gateway yang diperlukan dalam pengaturan konfigurasi TCP/IP. Untuk mengkonfigurasi TCP/IP dengan benar, diperlukan untuk memahami cara jaringan TCP/IP diselesaikan dan dibagi menjadi jaringan dan Subnetwork. Artikel ini ditujukan sebagai pengenalan konsep IP jaringan dan subnetting yang umum. Istilah disertakan di bagian akhir artikel.

Hasil gambar untuk ip address

Saat Anda mengkonfigurasi protokol TCP/IP pada komputer Microsoft Windows, alamat IP, penutup subnet, dan biasanya default gateway yang diperlukan dalam pengaturan konfigurasi TCP/IP. Untuk mengkonfigurasi TCP/IP dengan benar, diperlukan untuk memahami cara jaringan TCP/IP diselesaikan dan dibagi menjadi jaringan dan Subnetwork. Artikel ini ditujukan sebagai pengenalan konsep IP jaringan dan subnetting yang umum. Istilah disertakan di bagian akhir artikel.

Informasi Selengkapnya


Keberhasilan TCP/IP sebagai protokol jaringan Internet merupakan sebagian besar karena kemampuan untuk menghubungkan bersama jaringan sistem dari berbagai jenis dan ukuran yang berbeda. Jaringan ini sembarangan ditetapkan ke tiga kelas utama (bersama dengan beberapa lain-lain) yang memiliki standar ukuran, yang dapat dibagi menjadi lebih kecil Sub jaringan oleh administrator sistem. Subnet mask digunakan untuk membagi alamat IP menjadi dua bagian. Salah satu bagian mengidentifikasi host (komputer), Bagian lain mengidentifikasi jaringan yang dimiliki. Untuk lebih memahami cara kerja alamat IP dan subnet mask, Lihatlah alamat IP (Internet Protocol) dan lihat cara mengaturnya.

Gateway default

Jika komputer TCP/IP perlu berkomunikasi dengan host pada jaringan lain, komputer biasanya akan berkomunikasi melalui perangkat yang disebut perute. Dalam istilah TCP/IP, perute yang ditetapkan di host yang link host subnet jaringan lain, disebut default gateway. Bagian ini menjelaskan tentang cara menentukan TCP/IP apakah paket dikirim atau tidak ke gateway default untuk mencapai perangkat pada jaringan atau komputer lain Ketika host berusaha untuk berkomunikasi dengan perangkat lain yang menggunakan TCP/IP, host melakukan proses perbandingan menggunakan subnet mask tertentu dan alamat IP tujuan versus subnet mask dan alamat IP. Hasil perbandingan ini memberitahu komputer Apakah tujuan host lokal atau host jauh. Jika hasil proses ini menentukan tujuan menjadi host lokal, maka komputer akan cukup mengirim paket pada subnet lokal. Jika hasil perbandingan menentukan tujuan menjadi host jauh, komputer akan meneruskan paket ke default gateway yang ditetapkan di properti TCP/IP. Ini merupakan tugas perute untuk meneruskan paket ke subnet yang benar.

[docxpresso file=”http://edwardsync.net/wp-content/uploads/2019/10/Jobsheet-8-Pengalamatan-IP-dan-Subnetting.odt”]

silahkan kunjungi juga belajar menggunakan edmodo bagi guru /pengajar

Author: Edward Adiputra

website ini dibuat sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan antara pengajar dengan mahasiwa

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp us