web analytics

Modifikasi “Width” Eagle Pad

Bagi yang pertama kali menggunakan EAGLE pasti sering mengalami pad yang kecil ketika layout sudah di sablon pada PCB. Padahal ketika kita merancang layout, kita sering menganggap bahwa pad dari suatu komponen memilki jari-jari yang cukup walau nyatanya nanti setelah di sablon, pad yang dihasilkan menjadi kecil bahkan ketika di bor akan rusak atau hancur seluruhnya. Solusi dari permasalahan ini cukup sederhana, cukup dengan memodifikasi pad dari komponen yang akan dipilih. Sebelumnya penulis ingin memberi tahu, bahwa versi EAGLE yang digunakan adalah versi 6.4.0, untuk versi yang dibawah versi ini mungkin akan berbeda, jadi di-upgrade dulu ya. 

1. Pilih komponen yang akan dimodifikasi, disini penulis melakukan modifikasi pada komponen resistor. Klik kanan pada bagian tengah komponen (tanda ‘+’) , dan pilih Open Package

2. Maka akan muncul jendela baru seperti gambar di bawah ini

3. Klik kanan pada bagian tengah pad (Hexagonal yang berwarna hijau)usahahkan benar-benar di tengah pad, karena bisa saja yang dipilih adalah Wire (Garis Berwarna Kuning Muda). Setelah klik kanan warna pad menjadi terang, kemudian pilih Properties.

4. Maka akan muncul jendela baru seperti di bawah ini

5. Karena kita hanya ingin memperlebar pad, dan bukan drill (lubang yang akan di bor) maka ganti auto pada Diameter dengan nilai sesuai kebutuhan, penulis baisanya mengganti dengan nilai 0.066. Ingat! bahwa satuan default yang dipakai pada EAGLE adalah inchi, jadi hati-hati dalam mengganti nilai pada Diameter.
Lalu klik Aplly, perhatikan perubahannya, jika memang dirasa sudah pas pilih OK.

6. Lakukan hal yang sama pada pad yang tersisa.

7. Kemudian Save, ingat bahwa file name yang disimpan adalah ‘rcl’

8. Tutup jendela library untuk kembali ke jendela Board dan jangan kaget jika pada layout, besar pad dari resistor belum berubah. Karena belum dilakukan proses Update. Untuk itu pilih “Library-Update-Pilih ‘rcl’-Open”, kenapa harus ‘rcl’? lihat kembali langkah ke-7!

9. Tunggu sebentar, dan lebar pad akan berubah. Jika ada peringatan terkait DRC, pilih Ok

Catatan : 
– Jika anda lupa dengan file name yang anda modifikasi, ketika proses update pilih Update All karena EAGLE secara otomotis akan meng-update semua file pada library, sehingga proses ini membutuhkan waktu lebih lama.
– Selalu perhatikan jarak antara jalur dengan pad setelah pad dimodifikasi, jangan sampai pad mengenai jalur atau dengan pad yang lain.

Author: Edward Adiputra

website ini dibuat sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan antara pengajar dengan mahasiwa

Share This Post On

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp us